Penjelasan dari Kerangka C++ Perbaris

Posted: April 6, 2012 in Uncategorized

Contoh program C++
#include <iostream.h>
#include <stdlib.h>

using namespace std;

int main()

{

cout << “Eko Yuliandi” << endl;
system(“pause”);

}

 

Penjelasan Perbaris dari program di atas:

  • #include
    perintah ini digunakan untuk mengikutsertakan sebuah file library dalam hal ini disebut sebagai header contohnya iostream, conio.h, string, stdlib, dll. Contoh menulisannya adalah :
    #include <iostream>
    #include <conio.h>

    Terkadang ada beberapa compiler yang harus menggunakan .h di belakannya kadang tidak, namun juga dari beberapa file header ada yang harus menggunakan .h ada juga yang tidak. Artinya jika terjadi error di bagian file header coba saja ubah-ubah pada .h (bagian ekor) – nya.

  • <iostream>, <conio.h>, <string>,<stdlib>, dll.
    <iostream> adalah salah satu file header yang salah satu fungsinya untuk menjalankan perintah cout, cin. Dimana perintah cout berfungsi untuk menampilkan (output) sebuah data dalam program dan cin berfungsi untuk menampilkan (input) sebuah data ke dalam program (cout dan cin adalah salah satu perintah dari sekian banyak perintah yang terdapat dari librari iostream.
    <conio.h>adalah salah satu file header yang salah satu fungsinya untuk menahan tampilan layar sebelum dilanjutkan (press any key to continue….), fungsi tersebut adalah getch(); disimpan di bagian yang sekiranya akan kita tahan tampilannya. Biasanya pada awal praktek C++ temen-temen kita suka bertanya mengapa saat dijalankan (run) project yang kita buat langsung keluar otomatis itu dikarenakan di bagian akhirnya tidak disimpan fungsi ini.
  • Using namespace std;
    Perintah ini ditulis di bawah penulisan file header, fungsinya untuk menghandle penulisan standar pada umumnya contoh jika sebelumnya perintah untuk menampilkan data atau pesan dari sebuah program kita tuliskan “std::cout” pada semua baris yang akan kita tampilkan, namun dengan menuliskan “using namespace std; kita cukup menuliskan “cout” saja.
  • Int main(){}
    Ini adalah fungsi atau method pokok yang akan memulai menjalankan sebuah program, artinya jika dalam satu file c/c++ yang di dalamnya terdapat beberapa fungsi secara bertumpukan, fungsi yang pertama dijalankan dan akan dijalankan oleh sebuah compiler adalah fungsi “int main ()” ini, meskipun letaknya di bagian bawah.
  • System(“pause”);
    ini adalah salah satu fungsi untuk menahan tampilan
  • cout <<, “”, \n, endl;,\t. //perintah dalam mengelola tampilan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s